Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadikan kejujuran merupakan sebuah pegangan hidup|| BALI SURA

Jadikan kejujuran merupakan sebuah pegangan hidup|| BALI SURA
Bali Sura

 “Om Swastiastu”

Kejujuran adalah suatu tindakan atau perkataan yang berdasarkan keadaan yang sebenarnya dan tidak ada hal yang di tutup tutupi. Dan kebohongan adalah lawan dari pada kejujuran yaitu suatu tindakan atau perkataan yang dilakukan berdasarkan keadaan yang tidak sebenarnya hal ini biasanya dilakukan untuk melindungi diri sendiri atau orang lain. 

Dalam kehidupan sehari hari sering kita mengalami suatu masalah masalah atau belenggu yang kita rasa jika itu di ungkapkan akan menjadi haib atau bahkan menjatuhkan harga diri kita yang membuat diri kita seakan menjadi hina. Seiring berkembangnya waktu tanpa kita sadari masalah yang kita sembunyikan akan senantiasa mengganggu pikiran kita dan mungkin menghambat langkah kita, karena untuk menutupi kebohongan itu langkah kita akan semakin terbatas.

Ketakukan akan sakit yang dirasakan ketika kejujuran itu di ungkapkan sering kali melandaskan seseorang untuk berbohong. Tanpa kita sadari sakit itu berlangsung lama atau malah pada saat itu saja. Suatu saat kebohongan akan terungkap, semua tergantung diri kita ingin mengungkapnya sekarang atau nanti, semakin lama kita menyembunyikan kebohongan itu maka semakin lama pula langkah kaki kita akan terhambat.


Mereka yang berbuat/ berkata jujur akan jauh lebih percaya diri dalam melangkah, karena tidak ada hambatan dalam pikiran mereka, semua dijalani dengan penuh rasa percaya diri.


Katakanlah yang sebenarnya, karena apabila kau berbohong maka itu akan menjadi masa depanmu dan apabila kau jujur, itu akan menjadi masa lalu mu.

Kalimat di atas mengandung makna, setiap perbuatan pasti akan membuahkan karma, baik buruknya karma tersebut tergantung hasil dari perbuatan kita, ketika kita berbohong dalam waktu yang lama, maka semakin lama pula kita mendapatkan karmanya (karma yang di magsud adalah efek yang di sebabkan oleh kebohongan itu sendiri) namun perjalan hidup dari awal berbohong akan tidak baik sampai kebohongan itu di ungkapkan, namun ketika kebohongan itu kita ungkap sekarang maka karma yang kita rasakan pun sekarang (karma yang di magsud adalah efek yang di sebabkan oleh kebohongan itu sendiri), namun setelah itu, besok dan seterusnya kita akan terasa jauh lebih percaya diri dan menjalani hidup lebih indah selama kejujuran itu tetap menjadi pegangan hidup.


Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru


“Om Santi, Santi, Santi Om”

2 komentar untuk "Jadikan kejujuran merupakan sebuah pegangan hidup|| BALI SURA"